Sedikit Tentang Hari Ini

Sebenarnya sedikit bingung mau menulis ini. Karena sedikit berbeda dari tulisan biasanya. Tapi, sedari awal saya membuat blog ini, memang untuk menulis isi hati dan pikiran tanpa ada pakem format tertentu. Sekedar untuk merekam isi pikiran dan hati. Untuk lebih memahami rasa dan diri. Sehingga nanti, apabila saya mulai lupa diri, membaca tulisan-tulisan saya ini saya bisa kembali lagi.

Saya mau bercerita sedikit tentang kelucuan hari ini. Kelucuan yang membuat saya tertawa sendiri.

Jadi, hari ini saya ada pekerjaan di lapangan. Pekerjaan saya berhubungan dengan peternakan, sehingga ketika bertugas di lapangan tentunya saya bermain dengan hewan ternak. Kali ini, saya bermain dengan sapi.

Kebiasaan saya kalau bermain dengan hewan ternak, adalah mengabadikan mereka dalam sebuah foto. Tidak tahu kenapa, tapi saya sangat suka memotret mereka untuk kenangan saya pribadi. Saya pasti tidak segan untuk panas-panasan atau berlarian hanya untuk mengambil gambar mereka. Tidak terkecuali hari ini.

Bintang utama dalam pemotretan kali ini adalah sapi jenis Bull. Ukurannya besar dan berasal bukan dari negara Indonesia. Saya sibuk sekali mencari posisi yang tepat untuk mengambil gambar sapi tersebut. Karena keterbatasan ukuran kandang, sulit sekali rasanya mengambil gambar bagus yang memperlihatkan keseluruhan badan sapi. Sampai akhirnya saya menemukan posisi yang sedikit layak. Bahagia rasanya, tinggal mundur sedikit saja, ucap saya dalam hati. Namun malangnya, ketika mengambil langkah mundur, saya yang tidak memperhatikan keadaan sekitar, malah menginjak tumpukan kotoran sapi. Dalam sekali, sampai kaki saya susah diangkat. Respon saya? Tertawa. Iya. Tertawa. Tidak sedikit pun merasa sebal. Tanpa pikir panjang, saya lepas sepatu saya dan berjalan mencari sumber air untuk mencuci sepatu. Cukup jauh, berjalan tanpa alas kaki di hari yang panas. Untung saja, ada sumber air sehingga saya bisa mencuci sepatu. Selesai mencuci sepatu, saya langsung pakai sepatu saya yang belum kering, dan kembali ke tempat si sapi bull untuk mengambil gambarnya. Pada akhirnya, setelah pengorbanan terkena kotoran sapi pun, saya hanya mendapat gambar bagian kepalanya saja. Hahaha. Sulit sekali, sungguh.

Saya menyerah karena hari semakin siang, dan masih banyak sapi lucu lainnya yang sayang apabila tidak diabadikan. Singkat cerita, selesai mengambil gambar, karena lelah sekali dan hari cukup panas, saya langsung minum dua botol teh kemasan. Disini kelucuan kembali terjadi. Saya keracunan. Hahaha. Setelah minum, bukannya segar, malah mual yang tidak tertahankan. Selama perjalanan pulang pun, saya bolak balik berhenti di toilet saking mualnya. Perjalanan Ciamis – Bandung, sambil menahan mual. Sungguh lucu.

Sampai di Bandung kelucuan masih saja terjadi. Setelah sepatu saya terkena kotoran dan harus menahan mual, jalanan yang super macet membuat saya memutuskan untuk turun dari mobil dinas dan naik ojek online. Biar menghemat waktu, pikir saya. Dengan percaya diri, saya bilang kepada rekan saya untuk turun di sebuah tempat, sekitar 4 km dari rumah saya. Saya pun segera memesan ojek online untuk pulang. 5 menit berlalu. Lalu 10 menit. Lalu 15 menit. Tidak ada ojek online yang mengambil pesanan saya. Daripada menunggu lama, lebih baik jalan sedikit siapa tahu di depan lebih mudah mendapatkan ojek online. Berjalan terus. 1 km berlalu. Saya coba pesan tetapi tetap gagal. Lalu berjalan lagi sedikit. Pesan lagi. Gagal lagi. Begitu seterusnya. Sampai saya sadar, saya sudah 3/4 jalan ke rumah saya. Akhirnya, saya memutuskan untuk berjalan kaki saja sampai rumah. Tidak jauh memang, hanya 4km. Tapi cukup lelah ya, mengingat saya tidak dalam kondisi yang bugar dan baru sampai dari luar kota. Tapi ya bagaimana lagi. Saya tidak mau ambil pusing.

Kalau dipikir, hari ini benar-benar tidak biasa. Banyak hal yang memancing saya untuk mengeluh, sebetulnya. Anehnya sih, perasaan saya saat kejadian lucu diatas terjadi, saya tidak merasa kesal ataupun marah, yang saya pikirkan ya cuma solusi yang memungkinkan untuk mengatasi itu saja. Seperti mencuci sepatu yang kotor, ke toilet saat mual tidak tertahan, berjalan kaki saat tidak ada ojek online. Lelah? Iya. Tetapi saya tidak merasa hari saya rusak. Malah jadi menertawakan diri, lucu saja bisa kejadian seperti itu di hari yang sama. Lebih lucu lagi, ketika hal yang harusnya membuat kesal dan ingin mengeluh, ternyata tidak menimbulkan perasaan negatif sedikit pun.

Perasaan negatif yang tidak muncul sama sekali, membuat saya berpikir, bahwa sesungguhnya, apapun yang terjadi dalam hidup baik hal kecil maupun besar, yang paling mempengaruhi perasaan kita sebenarnya adalah reaksi kita sendiri. Kalau saya memilih untuk membawa kelucuan tadi jadi hal yang memusingkan, pasti saya sudah ingin marah-marah. Tapi saya memilih untuk menerima dan menjalani hal-hal yang lucu tersebut. Menerima dan mengikuti hal yang sudah terjadi, ternyata membuat hati sedikit lebih ringan, dibanding dipikirkan dan disesalkan lalu membuat hati marah dan kesal.

Hal hal yang seharusnya membuat kesal, berubah menjadi hal yang membuat tertawa, disaat saya memilih untuk menerima. Saya pikir, saya harus menerapkan hal ini setiap saya menjalani apapun dalam hidup saya. Terima hal yang sudah terjadi. Dan lakukan apa hal yang mungkin dilakukan untuk mengatasinya. Terima dan lakukan. Tidak usah dibawa pusing, tidak usah dipikirkan berlebih. Tidak usah cemas berlebihan. Tidak usah marah untuk hal yang tidak perlu. Agar hati terasa ringan. Nyatanya, hal buruk tidak terasa buruk kalau hati ringan. Hal buruk tidak tetap menjadi buruk. Hal buruk tidak mengganggu pikiran dan suasana hati saat saya tidak menganggap itu hal buruk. Hati dan pikiran yang tidak terganggu akan hal yang tidak perlu, tentunya lebih damai dan lebih melancarkan urusan yang memang membutuhkan tenaga berlebih.

Hidup dapat lebih sederhana. Ketika hal yang sederhana tetap menjadi sederhana. Tanpa dipikirkan berlebih dan merusak hal yang lain lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s